Penderitaan dan Kematian 12 Rasul…

MATIUS meninggal disiksa dengan pedang di Ethiopia.

MARKUS meninggal di Alexandria (Mesir) setelah diseret hidup – hidup dengan kuda melalui jalanan penuh batu.

LUKAS digantung di Yunani setelah ia berkotbah pada orang – orang yang belum mengenal Tuhan.

YOHANES digoreng dalam minyak mendidih di Roma, tetapi Tuhan masih ingin memakainya sehingga keajaiban terjadi dan ia dapat tetap hidup. Akhirnya ia dibuang ke pulau Patmos untuk kerja paksa di tambang batubara. Di sana ia mendapatkan Wahyu sehingga ia dapat menulis kitab wahyu.ia kemudian dibebaskan dan kembali menjadi uskup di Edessa (Turki). Ia adalah satusatunya Rasul yang mencapai lanjut usia dan meninggal dengan tenang.

PETRUS disalib dengan kepala di bawah dengan salib berbentuk X. Ia merasa tidak layak untuk mati disalib seperti Yesus.

YAKOBUS dilempar dari puncak bubungan Bait Allah, tempat yang sama di mana setan membawa Yesus untuk digoda.

YAKOBUS dipenggal di Yerusalem. Saat disiksapun ia tidak menyangkal Tuhan Yesus,bahkan ia berusaha terus berkotbah kepada tawanan lain dan penyiksanya sehingga orang Romawi itu ikut dipenggal bersamanya. Ia berlutut dan berdoa bersama Yohanes saat akan menjalani Hukuman mati, dan itu menjadi doanya yang terakhir sebelum mati dipenggal bersama Yohanes sebagai orang Kristen.

BARTOLOMEUS yang lebih dikenal sebagai Natanael menjadi misionaris di Asia,antaralain memberikan kesaksian di Turki. Ia meninggal di Armania setelah dicambuk sehingga kulitnya hancur dan terlepas.

ANDREAS juga disalib seperi Perus dengan Salib X setelah disiksa cambuk oleh 7 tentara dan diikat di salib,agar mereka bisa memperpanjang masa sakitnya. Ia terus berkotbah sambil dicambuk. Seorang pengikutnya menceritakan kalimat terakhir Andreas: “ternyata keinginan saya bisa terkabul, saya bisa turut merasakan saat saat disiksa dan disalib seperti Yesus.”

THOMAS dilempar kedalam perapian, tetapi karena tetap hidup ia dihujani tombak hingga mati, di India.

YUDAS dihukum mati dengan panah karena tak mau mengingkari Yesus.

MATIAS pengganti Yudas Iskariot dirajam dan akhirnya dipenggal.

PAULUS disiksa dengan sangat kejam dan akhirnya dipenggal oleh Kaisar Nero di Roma tahun 67. Rasul Paulus adalah yang paling lama mengalami masa siksaan di penjara. Kebanyakan suratnya dibuat dan dikirim dari Penjara.

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.